penyebaran virus jenayah siber

  • 6 min read
  • Mar 18, 2020

Cyber Law
Cyber Law

informasi BLAST dan teknologi komunikasi (ICT) serta jaringan internet revolusioner yang diciptakan spesialis komputer dan pengembang perangkat lunak saat ini memungkinkan orang untuk berkomunikasi tanpa batas.

fakta yang harus diakui saat ini adalah bahwa semua jenis komputer dan gadget berlimpah dan tersebar di bumi saat ini dapat membantu menghubungkan orang, dimanapun mereka berada.

Orang-orang hari ini berkomunikasi dalam cara dan sarana yang sangat tidak biasa dalam hal itu hampir atau melalui dunia maya.

Namun, kecanggihan dan proliferasi ICT tidak hanya memiliki efek positif pada kehidupan manusia, tetapi juga menyebabkan dampak negatif yang bisa membahayakan kehidupan jika tidak diawasi dan ditangani juga.

kecanggihan ICT juga berarti orang harus bersedia untuk berbagai ancaman yang dapat merusak kehidupan melalui serangan cyber terhadap sistem komputer dan jaringan.

serangan

Cyber ​​adalah ancaman baru yang mendapat perhatian khusus dari negara dan pemerintahan saat ini.

Ini mungkin hadir dalam berbagai bentuk dan cara, dan yang paling mengganggu, ia menyerang diam-diam.

serangan cyber dapat terjadi dalam bentuk pengiriman bom e-mail, spam, pelecehan, ancaman hacker, serangan virus, denial of service dan intrusi yang akan menghasilkan kerugian besar serta menyebabkan hilangnya informasi rahasia perusahaan atau pemerintah.

Ini adalah senjata baru yang sangat efektif untuk menyerang apapun di mana sistem informasi atau data rahasia kepada pemerintah, negara, departemen atau perusahaan.

selain murah, cepat dan mudah untuk digunakan, serangan cyber dapat dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel pintar atau komputer untuk menyerang atau lebih target dengan menekan sebuah tombol.

keamanan cyber Serangan merupakan masalah yang tidak hanya dihadapi oleh pengguna komputer r menjadi mimpi buruk dari pemerintah karena hampir semua komputer saat ini memiliki koneksi ke Internet.

Internet adalah seperti jalan raya yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia dan juga terbuka, mengangkat isu keselamatan kepada pengguna dan negara manapun saat ini.

berarti, serangan cyber merupakan ancaman baru untuk keamanan nasional.

Sebelumnya, keamanan nasional difokuskan pada keamanan tradisi pertahanan fisik di darat, laut dan udara serta keamanan internal, sebagian besar melibatkan orientasi keamanan fisik.

cybercrime disebabkan Malaysia miliaran kalah. Menurut laporan Ancaman Keamanan Sophos 2014, lembaga independen untuk menyelidiki bahaya serangan cyber, Malaysia berada di urutan keenam paling rentan terhadap penjahat cyber.

Malaysia tercantum bersama sejumlah negara, termasuk Hong Kong, Taiwan, Thailand, Cina, India dan Indonesia.

serangan cyber, termasuk penyalahgunaan internet untuk berbagai kegiatan ilegal lintas batas seperti narkoba, perdagangan manusia, penipuan keuangan dan pencucian uang ilegal.

Dalam insiden terbaru, Malaysia terbangun ancaman membuat hacker komputer yang menyebut diri mereka Anonymous, yang merencanakan serangan cyber pada situs web pemerintah pada 29 dan 30 Agustus.

seperti itu, CyberSecurity Malaysia meminta semua instansi pemerintah mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap serangan cyber mungkin didalangi oleh kelompok ‘Anonymous’, termasuk memperkuat sistem pertahanan cyber untuk jaringan komputer melindungi berikan kepada .

lembaga pemerintah juga diminta untuk memperkuat firewall yaitu sistem pencegahan intrusi (IPS), di samping jaringan dan sistem deteksi intrusi berbasis host (IDS), yang bertujuan untuk mencegah dan menangani sebagian besar serangan generik.

Menurut para ahli forensik, ICT, Dr Mohd Taufik Abdullah, Anonymous adalah kumpulan kegiatan komunitas virtual dan hacker tidak berpusat dengan tujuan melakukan peretasan internet berdasarkan pemerintah tertentu dan organisasi dan situs mereka website perusahaan.

Anggota dari kelompok ini yang tersebar di seluruh dunia dan setuju untuk melancarkan serangan pada target.

Anonymous serangan peluncuran di2003. Kelompok ini melancarkan serangan dengan menggunakan sistem seperti DoS (Denial of Service) dan DDoS (Distributed Denial of Service).

Serangan akan ditolak akses ke sumber daya yang biasanya pengguna web server.

Komputer dikendalikan dari jarak jauh oleh hacker berfungsi sebagai serangan platform yang DDoS terhadap target. Daemon (virus) DDoS akan diinstal pada siapa pun komputer Anda tanpa pengetahuan pengguna yang sebenarnya dan daemon akan menunggu perintah dari hacker untuk tindakan lebih lanjut.

hacker dapat mengirimkan perintah ke komputer setiap saat -jika dari lokasi yang berbeda untuk serangan peluncuran atas namanya.

Komputer zombie atau pihak ketiga biasanya diserang oleh banjir komputer target dengan banyak data yang tidak berguna tanpa gangguan.

Target Komputer akan melihat serangan itu berasal dari zombie komputer bukan seorang hacker komputer.

“Ada banyak alat dapat digunakan untuk memulai serangan DoS dan DDoS. Serangan itu hanya berhenti ketika pengguna yang sebenarnya untuk menemukan dan membatalkan daemon DDoS pada komputer. Ini adalah apa Anonymous, “katanya.

Sementara itu, Chief Technology Officer CyberSecurity Malaysia, Dr Solahuddin Syamsuddin, mengatakan hacker aktivitas komputer, termasuk kelompok Anonymous sulit untuk mendeteksi di mana mereka beroperasi sebagai kelompok yang sangat licik menghilangkan jejak selain mendapatkan bantuan Anonymous negara asing.

Hacker, kata dia, melakukan pekerjaan mereka daripada komputer mereka, tetapi menggunakan berbagai cara, termasuk proxy dari negara-negara asing.

Sebagai contoh, jika seorang hacker atau Anonymous adalah untuk komputer serangan di Malaysia, hacker bisa masuk melalui jaringan komputer di Cina dan kemudian ke Korea Utara dan menciptakan jaring boat (botnet) sebelum serangan ke negara itu.

“belum sempat untuk check it out dan terburu-buru layanan yang proxy untuk menggunakan menghapus mereka sendiri semua jejak layanan proxy lain. Hal ini membuat sulit bagi lembaga untuk penyelidikan maya berburu hacker, “katanya.

Dia mengakui, berburu pekerjaan hacker itu tidak mudah dan akan lebih sulit jika suatu negara atau negara tidak memiliki perjanjian atau kerjasama kesepakatan cyberthreats dengan negara-negara lain.

Karena kelemahan, penjahat cyber memiliki kebebasan untuk melakukan kegiatan mereka seperti menyebarkan virus, hacking dan mencuri data untuk intelijen bisnis atau pemerintah.

untuk mengatasi masalah hacker menyerang ini, Solahuddin menyarankan setiap pengguna atau lembaga, departemen dan perusahaan melaporkan kepada Cybersecurity Malaysia di siber999 jika mendeteksi tanda-tanda ancaman cyber.

“Jika Anda mendeteksi tanda-tanda ancaman cyber yang signifikan seperti hacking, hack, robek melalui online, penipuan atau apapun yang berhubungan, laporkan kepada kami sehingga kami dapat memberikan saran tentang cara untuk mengatasi atau memecahkan masalah muncul,” katanya.

Cybersecurity Malaysia percaya bahwa kelompok Anonymous yang direncanakan untuk menyerang situs pemerintah 29 dan 30 Agust pose ini ancaman karena mereka tidak puas dengan situasi politik saat ini pada hari

ini. penjahat cyber juga bertindak tidak keuntungan hanya termotivasi bukan berjuang untuk agenda seperti kebebasan berekspresi dan menuntut perubahan dalam urusan politik.

Menurut Chief Technology Officer CyberSecurity Malaysia, Dr Solahuddin Syamsuddin, kelompok menciptakan ancaman yang diarahkan publisitas untuk menampilkan logo dari kelompok mereka.

Namun, kata dia, Cybersecurity Malaysia tetap serius ancaman ini karena tidak memberikan gambar baik kepada pemerintah. Ancaman yang dapat mempengaruhi perekonomian negara jika investor tidak percaya diri dengan kemampuan Malaysia untuk menangani cybercrime.

“Investor mungkin khawatir dan percaya dunia maya Malaysia tidak cukup aman untuk melindungi rahasia dan perusahaan informasi,” katanya.

Dalam sudut yang lebih luas, Malaysia, kata dia, tidak hanya dihadapkan dengan serangan cyber dari kelompok Anonymous, tetapi ada banyak serangan cyber yang dilakukan hacker dengan membuat Malaysiatarget.

Tujuan dari serangan itu untuk mencuri data atau informasi mengenai negara pertahanan strategi cyber untuk menembus pertahanan cyber, sehingga memfasilitasi ‘menggeledah’ mereka data rahasia di negara ini.

Ada juga hacker membobol sebuah situs web pemerintah karena Anda ingin mendapatkan informasi tentang beban keuangan negara.

“Kegiatan ini disebut intelijen bisnis. Hacker memata-matai informasi rahasia pemerintah dengan harapan memperoleh informasi yang memungkinkan mereka untuk memiliki keuntungan.

< / p>

“mereka dapat mengetahui sektor atau sektor yang akan menjadi prioritas pemerintah dan dengan informasi itu, mereka dapat dokumen proyek lobi pemerintah,” katanya.

< p> Dia juga menekankan bahwa orang-orang bertanggung jawab untuk menjaga dunia maya di negara ini dari ancaman cyber.

Intrusion sistem jaringan internet yang mampu dihindari jika setiap pengguna komputer tahu tentang pe mempertahankan pribadi komputer yang baik, katanya.

Sementara itu, ahli MyCERT, Megat muazin Abdul Muthalib, mengatakan serangan cyber saat ini tidak hanya bisa hack ke komputer Anda sendiri, melainkan juga dapat berlaku untuk gadget konsumen, khususnya telepon pintar yang menggunakan sistem operasi (OS) Android.

hari ini, lebih 90 persen dari mobi le pengguna telepon di dunia memilih untuk menggunakan smartphone yang memiliki OS Android karena lebih mudah dan user friendly.

Dengan demikian, setiap pemilik smartphone yang menggunakan OS Android disarankan untuk hati-hati hati dengan ancaman cyber, khususnya penyebaran virus melalui aplikasi tertentu, termasuk yang terbaru melalui multimedia messaging service (MMS).

Megat muazin mengatakan ponsel menggunakan OS Android sangat rentan terhadap sistem yang sederhana ancaman cyber karena memungkinkan pengguna untuk men-download dan digunakan aplikasi yang ditawarkan kepada pengguna.

Akibatnya, kata dia, pengguna disarankan untuk menyelesaikan keamanan diaktifkan pada smartphone masing-masing untuk menghindari hal itu rentan terhadap virus.

“Android OS akan memungkinkan hacker memperoleh akses ke perangkat mereka hanya dengan mengirimkan MMS disebut Stagefright.

Stagefright dapat menyerang smartphone apapun, tablet, atau perangkat lain yang menggunakan OS Android 2.2 atau di atas.

“virus ini tidak memerlukan korban untuk membuka MMS atau menonton video untuk mengaktifkannya .

Pengguna disarankan untuk memperbarui aplikasi di gadget untuk mencegah virus ini, “katanya.

© 2020 BH, New Straits Times Tekan (M) Bhd. Sebuah bagian dari Media Prima Grup

Etika-jenis Jenayah Siber & Kolar Putih
Etika-jenis Jenayah Siber & Kolar Putih

7.9 ANCAMAN JENAYAH SIBER DLM KEPESATAN TEKNOLOGI MAKLUMAT{PENGAJIAN …
7.9 ANCAMAN JENAYAH SIBER DLM KEPESATAN TEKNOLOGI MAKLUMAT{PENGAJIAN …

Jenayah Siber Karangan
Jenayah Siber Karangan

PPT - JENAYAH SIBER PowerPoint Presentation, free download - ID ...
PPT – JENAYAH SIBER PowerPoint Presentation, free download – ID …

JENIS JENAYAH SIBER - YouTube
JENIS JENAYAH SIBER – YouTube

the voice: Jenayah Siber
the voice: Jenayah Siber

Serangan siber senjata baharu ancam keselamatan negara | BHplus ...
Serangan siber senjata baharu ancam keselamatan negara | BHplus …

Jenayah Siber | Pmmm
Jenayah Siber | Pmmm

Syaza: Jenayah Siber: Sejauh mana fakta ini benar
Syaza: Jenayah Siber: Sejauh mana fakta ini benar

JENAYAH SIBER.ppt
JENAYAH SIBER.ppt

Jenayah siber
Jenayah siber

JENIS JENAYAH SIBER - YouTube
JENIS JENAYAH SIBER – YouTube

Jenayah siber
Jenayah siber

Modul esei spm 2013 by Buku Geografi - issuu
Modul esei spm 2013 by Buku Geografi – issuu

Isu isu kesantunan dalam masyarakat malaysia( isu teknologi maklumat)
Isu isu kesantunan dalam masyarakat malaysia( isu teknologi maklumat)

PDF) Teknologi Maklumat dan Alam Siber: Isu Etika dan Undang ...
PDF) Teknologi Maklumat dan Alam Siber: Isu Etika dan Undang …

17 Jun - KATEGORI JENAYAH SIBER - YouTube
17 Jun – KATEGORI JENAYAH SIBER – YouTube

Belenggu jenayah siber
Belenggu jenayah siber

JENAYAH SIBER
JENAYAH SIBER

Jenayah siber
Jenayah siber

Ancaman Jenayah Siber by Hermon Wong on Prezi
Ancaman Jenayah Siber by Hermon Wong on Prezi

Jenayah Siber Isu Moral
Jenayah Siber Isu Moral

Latest news in Digital Forensic Department, CyberSecurity Malaysia
Latest news in Digital Forensic Department, CyberSecurity Malaysia

JENAYAH SIBER by Pira Omana on Prezi
JENAYAH SIBER by Pira Omana on Prezi

Powtoon - Undang-Undang Digital (HMN3013)
Powtoon – Undang-Undang Digital (HMN3013)

Kenali Jenayah Siber. Jangan jadi mangsa - Radio Senyap
Kenali Jenayah Siber. Jangan jadi mangsa – Radio Senyap

11 juta terdedah kecurian data peribadi | Kes | Berita Harian
11 juta terdedah kecurian data peribadi | Kes | Berita Harian

PPT - JENAYAH SIBER PowerPoint Presentation, free download - ID ...
PPT – JENAYAH SIBER PowerPoint Presentation, free download – ID …

WASPADA ANCAMAN JENAYAH SIBER Penipuan... - Polis Diraja Malaysia ...
WASPADA ANCAMAN JENAYAH SIBER Penipuan… – Polis Diraja Malaysia …

Latest news in Digital Forensic Department, CyberSecurity Malaysia
Latest news in Digital Forensic Department, CyberSecurity Malaysia

Bernama Radio - [Infografik] Kes jenayah siber | Facebook
Bernama Radio – [Infografik] Kes jenayah siber | Facebook

ISU-ISU MORAL TERKINI: Jenayah Siber
ISU-ISU MORAL TERKINI: Jenayah Siber

Jenayah siber
Jenayah siber

Serangan siber senjata baharu ancam keselamatan negara | BHplus ...
Serangan siber senjata baharu ancam keselamatan negara | BHplus …

Jenayah Siber - JENAYAH SIBER ANCAMAN JENAYAH SIBER DALAM ...
Jenayah Siber – JENAYAH SIBER ANCAMAN JENAYAH SIBER DALAM …

Pusat Internet
Pusat Internet

JENAYAH SIBER by aai shuhaini on Prezi
JENAYAH SIBER by aai shuhaini on Prezi

Lebih 30 Rakyat Malaysia Jadi Mangsa Jenayah Siber Setiap Hari ...
Lebih 30 Rakyat Malaysia Jadi Mangsa Jenayah Siber Setiap Hari …

Belenggu jenayah siber
Belenggu jenayah siber

JENAYAH SIBERS
JENAYAH SIBERS

Dasar Keselamatn ICT (DKICT)
Dasar Keselamatn ICT (DKICT)

Pusat Internet
Pusat Internet

PPT) Jenayah Siber | Duck Lord - Academia.edu
PPT) Jenayah Siber | Duck Lord – Academia.edu

JENAYAH SIBER - [PPT Powerpoint]
JENAYAH SIBER – [PPT Powerpoint]

PAKEJAN MAKLUMAT
PAKEJAN MAKLUMAT

TERJERAT JENAYAH SIBER PHISHING Orang... - Polis Diraja Malaysia ...
TERJERAT JENAYAH SIBER PHISHING Orang… – Polis Diraja Malaysia …

Pengurusan Risiko MAMPU by Ramzie Rosli - issuu
Pengurusan Risiko MAMPU by Ramzie Rosli – issuu

Jenayah siber
Jenayah siber

Kesan kesan jenayah siber 2 - Kesan kesan jenayah siber Antara ...
Kesan kesan jenayah siber 2 – Kesan kesan jenayah siber Antara …

SMKDPB: TIPS MENANGANI JENAYAH SIBER
SMKDPB: TIPS MENANGANI JENAYAH SIBER

jenayah internet - [DOCX Document]
jenayah internet – [DOCX Document]

The Emergence Of Cryptojacking In Malaysia AI Technology In The ...
The Emergence Of Cryptojacking In Malaysia AI Technology In The …

PPT - JENAYAH SIBER PowerPoint Presentation, free download - ID ...
PPT – JENAYAH SIBER PowerPoint Presentation, free download – ID …

Serangan siber senjata baharu ancam keselamatan negara | BHplus ...
Serangan siber senjata baharu ancam keselamatan negara | BHplus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *