penyebaran virus pneumonia

  • 11 min read
  • Feb 04, 2020

Pin di sehat
Pin di sehat

Share artikel ini dengan

Email

Facebook

Messenger

Messenger

Twitter

LinkedIn

WhatsApp

Jalur

kopi link ini

link eksternal dan akan membuka layar baru

pemerintah pusat melalui bencana Badan Nasional (BNPB) untuk memperpanjang wabah darurat bencana dari virus penyakit corona di Indonesia sampai 29 Mei 2020.

“Perpanjangan keadaan Status tertentu sebagaimana dimaksud dalam diktum berlaku selama 91 (sembilan puluh satu) hari dari tanggal 29 Februari 2020 sampai tanggal 29 Mei, 2020, “keputusan yang ditandatangani BNPB BNPB Doni Monardo dalam surat keputusan yang diterima wartawan, Selasa (17/03).

perpanjangan darurat, sebagaimana tercantum dalam SK tersebut telah ditandatangani sejak 29 Februari 2020 dampak pada dana.

“Semua biaya yang timbul sebagai akibat dari diberlakukannya Keputusan ini dibebankan pada dana Siap di Badan Nasional Penanggulangan Bencana,” kata surat itu.

darurat tersebut diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Menurut Undang-Undang, bencana dibagi menjadi tiga jenis, Yaitu bencana alam, non-alam dan bencana sosial. Wabah penyakit Covid-19 termasuk dalam jenis bencana non-alam.

“bencana non-alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa non-alam atau serangkaian peristiwa yang meliputi bentuk kegagalan teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit,” kata-kata dari Pasal 1 ayat 3 UU 24 tahun 2007.

dalam tahap darurat bencana, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50, BNPB memiliki kemudahan akses, termasuk mobilisasi sumber daya manusia; penyebaran peralatan; dan logistik penyebaran.

BNPB juga memiliki perintah untuk memesan sektor atau lembaga.

Meskipun periode darurat diperpanjang, Presiden Joko Widodo melarang pemerintah daerah menentukan status ‘kuncian’ sebagai ukuran kontrol covid-19,

“Aku membuatnya jelas bahwa pertama bahwa kebijakan kuncian baik secara nasional dan di tingkat lokal adalah kebijakan pemerintah pusat. kebijakan ini tidak harus diambil oleh pemerintah daerah,” kata presiden Jokowi di Istana presiden, Senin (16/03).

Pemerintah, kata dia, tidak memiliki pilihan untuk mengontrol Covid kuncian-19. “Sampai saat ini, tidak ada kita berpikiran terhadap kebijakan kuncian,” tambahnya.

Presiden Jokowi juga menegaskan setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah terkait dengan kontrol Covid-19, harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Saya di daerah untuk konsultasi untuk membahas hal itu dengan Kementerian terkait dan Tugas kontrol Covid-19,” kata Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menanggapi transportasi umum operasional.

, Senin (16/03) pagi di Jakarta dan sekitarnya, transportasi umum seperti Transjakarta, LRT dan MRT mengalami antrean panjang.

“Transportasi umum harus disediakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dengan catatan meningkatkan tingkat kebersihan moda transportasi, kereta bus, MRT, LRT, Trans Bus, yang penting untuk mengurangi tingkat krumunan,” tambah Jokowi.

Sebelumnya, sejumlah kepala daerah mengambil inisiatif untuk mengambil langkah-langkah strategis untuk mengendalikan penyebaran virus corona. Di antaranya proses belajar di rumah dan bekerja dari rumah, termasuk pusat penutupan seperti museum dan tempat wisata.

Langkah ini diambil mereka dengan provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Solo.

Sehari sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyerukan membatasi jarak sosial atau “jarak sosial” di tengah lonjakan kasus infeksi virus corona di Indonesia. virus corona kasus positif telah mencapai 117, Minggu (15/3).

“jumlah orang-orang sehat yang paling penting saat ini distancing The sosial. Bagaimana kita menjaga (..) kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah,” kata Jokowi kepada media pada Minggu (15/3).

“Ini adalah waktu untuk bekerja bersama-sama. Kami ingin ini menjadi gerakan rakyat sehingga masalah ini dapat ditangani dengan maksimal.”

Jokowi juga memberikan wewenang untuk menetapkan status darurat dari wilayah daerah kepala.

“Sebagian besar negara-negara besar dan negara-negara kepulauan, penyebaran ini gelar ke-19 Covid bervariasi antara satu daerah ke daerah lain. Oleh karena itu saya meminta semua gubernur, bupati dan walikota untuk terus memantau kondisi wilayah dan terus berkonsultasi dengan ahli medis untuk memeriksa setiap situasi.

“Setiap daerah dapat menentukan status daerah. Bencana Siaga darurat atau tanggap darurat non-alami,” katanya di Istana Bogor.

Sebelumnya, WHO telah meminta Indonesia untuk melaksanakan sejumlah langkah termasuk pembentukan status darurat nasional di tengah meningkatnya infeksi virus corona.

Hingga Minggu (15/03), 117 orang dinyatakan positif virus corona, atau meningkat 21 kasus baru sehari sebelumnya.

Seorang juru bicara untuk menangani virus corona, Achmad Yurianto pemerintah, mengatakan virus itu diamati memiliki menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

“Jika kita melihat distribusi, sekarang lebar hanya. Jakarta, Jawa Barat, Tangerang. Kemudian, di Jawa Tengah, kita sudah bisa terjadi di Solo dan Yogyakarta,” kata Ahmad Yurianto di tekan konferensi, Sabtu (14/03) sore.

“Di Bali, Manado, Pontianak, dan di beberapa tempat lain yang sekarang kita menelusuri karena kita belum menemukan posisi yang sebenarnya di mana,” lanjutnya.

Oleh karena itu, menurut Yuri Pemerintah akan “waspada, bahkan meningkatkan” upaya pelacakan atau tracing, “lebih keras”.

“Ini akan menjadi penting dalam konteks perubahan respon setelah WHO mengatakan bahwa ini adalah pandemi global,” katanya.

Dalam sebuah surat kepada Presiden Joko Widodo, tertanggal 10 Maret, Direktur Jenderal WHO Thedros Adhanom, meminta Indonesia sejumlah langkah, termasuk “meningkatkan respon darurat, termasuk pernyataan status darurat nasional.

“Sayangnya, kita melihat kasus-kasus yang tak terdeteksi atau deteksi lemah dalam tahap awal wabah yang mengakibatkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah kasus dan kematian di beberapa negara,” tulis Adhanom tanpa menentukan negara-negara yang bersangkutan.

” di daerah di mana penularan terjadi secara lokal tidak terdeteksi atau deteksi lemah, yang sangat menyarankan langkah-langkah ini. “

Melalui Twitter, Adhanom mengatakan telah melakukan kontak telepon dengan Presiden Jokowi dan mengatakan kedua pihak” sepakat untuk meningkatkan kerja sama “dalam menangani Covid-19.

sangat baik panggilan telepon dengan Presiden dari. aku berterima kasih atas kepemimpinan pemerintah tentang penahanan dan mempersiapkan sistem kesehatan dan sektor lain untuk merespon. Kami Setuju untuk meningkatkan kerjasama dan saya meyakinkannya kesiapan ‘s dukungan.

pesan Stop Twitter oleh @DrTedros

seorang juru bicara presiden Fadjroel Rachman mengatakan Indonesia telah mengambil sejumlah langkah seperti yang tercantum dalam surat itu. Tapi tidak menentukan apakah Indonesia akan membentuk darurat nasional. < p> “pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden No.7 / 2020 tentang covid Penanganan Percepatan Task Force-19 untuk mempertajam kemampuan koordinasi pemerintah dalam menangani covid-19, selain Edaran Menkes No. HK.02.01 / Menkes / 199/2020 pada komunikasi penanganan Covid-19 yang berisi lima protokol dan guidel koordinasi ines dari pemerintah pusat dan daerah, “kata Fadjroel.

Sejumlah poin lain yang mendorong WHO untuk melakukan Indonesia termasuk:

Setelah permintaan oleh WHO, pemerintah Indonesia membentuk tugas Angkatan Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu (14/03).

satgas dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut bahwa wabah virus stasus corona kali ini adalah “bencana non-alam”.

“virus ini telah dikategorikan sebagai status pandemi global bencana non-alam,” katanya.

Percepatan dilakukan, kata Doni, adalah untuk menerapkan manajemen bencana yang menyediakan akses yang lebih luas dan mudah penyebaran sumber daya secara terencana dan terintegrasi, sesuai dengan UU Nomor 24 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Bencana.

Dia mengatakan pemerintah daerah dapat membentuk gugus tugas dengan rekomendasi dari Percepatan Task Force Penanganan Covid-19.

“Aksi nyata akan lakukan adalah kalikan tempat pengetasan, kalikan tool kit, mengalikan kekuatan relawan medis dan medis,” katanya.

Amerika Serikat menetapkan keadaan darurat

Di tengah meningkatnya infeksi virus corona, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan keadaan darurat nasional untuk membantu mengatasi wabah virus corona yang terus meningkatkan.

Pengumuman – “dua kata yang sangat besar”, menurut Trump – memungkinkan pemerintah federal untuk menambahkan $ 50 miliar, atau sekitar Rp732 triliiun dana bantuan darurat.

Langkah ini untuk melonggarkan peraturan tentang penyediaan pelayanan kesehatan dan dapat mempercepat pengujian – sebuah langkah yang telah banyak dikritik sebagai terlalu lambat.

untuk saat ini ada 1.701 kasus Covid-19 dikonfirmasi di AS, dan menyebabkan sedikitnya 40 orang tewas.

“Delapan minggu ke depan adalah sangat penting,” kata Trump.

di antara langkah-langkah di bawah pertimbangan sebagai bagian dari tanggap darurat adalah:

, Jumat (13/03), Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengumumkan ia telah mencapai kesepakatan dengan Gedung Putih tentang paket untuk membantu orang yang terkena wabah.

Ini termasuk cuti sakit dengan periode dua minggu, cuti medis hingga tiga bulan, menguji virus membebaskan mereka yang tidak memiliki asuransi dan Bant makanan uan.

Beberapa negara bagian AS telah mengambil langkah-langkah untuk membendung laju infeksi, termasuk melarang pertemuan besar, acara olahraga dan menutup sekolah-sekolah.

Di sisi lain, larangan perjalanan Presiden Donald Trump di 26 negara-negara Eropa telah mulai berlaku di AS, sebagai bagian dari rencana darurat untuk mengatasi korona virus krisis.

virus awalnya menyebar di Cina Desember lalu, kini menyerang Eropa, menyebabkan benua untuk “pusat” pandemi global, kata kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (13/03).

Jadi, beberapa negara Eropa melaporkan peningkatan tajam dalam jumlah infeksi dan kematian.

Italia telah mencatat korban harian tertinggi – 250 kematian selama 24 jam terakhir, sehingga total menjadi 1.266 orang.

Sementara itu, dilaporkan ada 17 660 orang terinfeksi dengan corona di negara ini.

Informasi ini diperbarui dari waktu ke waktu tetapi tidak mencerminkan kondisi saat ini masing-masing negara.

Gulir untuk melihat peta

Sumber: Johns Hopkins University (Baltimore, USA), pemerintah daerah

Diperbaharui pada 20 Maret 2020 11:00

Sementara itu, Perdana Menteri Pedro Sánchez memperingatkan minggu depan akan sulit bagi negara dan ia memperkirakan jumlah infeksi kemungkinan akan meningkat menjadi 10.000 minggu depan. Pasien meninggal di Spanyol meningkat 50% dalam sehari untuk 120 orang, dan jumlah kasus mencapai 4.200.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharuskan pemerintah daerah dapat membuat deteksi bahkan lebih cepat. Oleh karena itu, penyebaran virus ini diperoleh melalui kontak langsung.

“Jika kita mengetahui siapa carry virus yang terdeteksi covid-19 kita bisa langsung kontak, kita bisa langsung menghubungi keluarganya, rekan kerja, tetangga, dalam posisi aman,” katanya.

“Oleh karena itu kecepatan adalah penting, dan transparansi yang penting.”

Kasus di Indonesia naik menjadi 117

Seorang juru bicara pemerintah untuk corona virus, Achmad Yurianto mengatakan jumlah kematian akibat infeksi virus corona di Indonesia telah mencapai lima orang, per Sabtu (14/03).

Sementara itu, delapan orang dilaporkan pulih dari Covid-19.

Dari 308 pasien: 15 pasien sembuh dan 25 meninggal

Kepastian kematian pasien pertama akan diumumkan pada Rabu (11/03) lalu.

Pasien pertama disebutkan adalah orang asing (WNA), wanita berusia 53 tahun dan “dalam keadaan penyakit serius, termasuk diabetes, hipertensi, hipertiroidisme, dan penyakit paru obstruktif kronis.”

Rabu (11/03) lalu, Yurianto menjelaskan tujuh pasien baru adalah warga negara Indonesia (warga negara).

Dia mengatakan pasien nomor 28 sebagai manusia berusia 37 tahun dengan ringan kondisi kesehatan.

Sementara itu, pasien 29 adalah laki-laki berusia 51 tahun dengan kondisi nyeri sedang. Sementara itu, 30 pasien adalah laki-laki berusia 84 tahun dengan kondisi ringan-sedang.

Jadi pasien 31 adalah perempuan berusia 48 tahun dengan kondisi sakit ringan sampai sedang, sementara pasien 32 adalah laki-laki 45 tahun dengan kondisi nyeri ringan sampai sedang.

Hal ini juga menyatakan bahwa pasien 33 adalah laki-laki berusia 29 tahun dengan kondisi sakit ringan-sedang, serta 34 pasien adalah laki-laki berusia 42 tahun dengan kondisi sakit ringan-sedang.

Pada Jumat (13/03) menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, jumlah infeksi mencapai lebih dari 132.000 dengan lebih dari 4.900 kematian.

Sebagian besar kasus terjadi di Hubei, Cina, provinsi mana wabah dimulai.

Data yang terkumpul dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan laporan media menunjukkan angka kematian di Cina terus melambat.

Tiga negara dengan sebagian besar kasus Korea Selatan, Iran, dan Italia.

Indonesia melarang imigran dari tiga negara tersebut untuk masuk atau transit, dimulai pada hari Minggu (8/3).

Di tengah penyebaran luas ini, bagaimana kita tahu bahwa kita terinfeksi virus ini?

gejala Covid-19 mirip dengan gejala flu atau pilek.

pada awalnya, orang merasa seperti demam dan kemudin diikuti dengan batuk kering.

Setelah satu minggu, pasien akan mengalami mengi.

Masa inkubasi – antara infeksi dan gejala – sekitar 14 hari, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tapi beberapa peneliti mengatakan periode ini bisa memakan waktu 24 hari.

Para ilmuwan Cina mengatakan sejumlah orang mungkin telah terinfeksi sebelum menunjukkan gejala.

Pada awal Maret, Indonesia hanya memeriksa lebih dari 150 sampel pasien yang diduga Covid-19 bepergian ke negara-negara yang terkena dampak. Sementara Malaysia telah memeriksa lebih dari 2.200.

Pada minggu terakhir bulan Januari, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pihaknya menetapkan siaga tinggi terhadap korona virus untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari China masuk ke Indonesia.

Ketika Terawan menjelaskan pemerintah untuk mengaktifkan 135 scanner atau thermo scanner suhu tubuh di pintu masuk Indonesia 135 baik melalui darat, laut atau udara.

Depkes, kata Terawan, juga telah diaktifkan 100 rumah sakit flu burung rujukan bagi orang-orang yang dicurigai atau terinfeksi dengan corona virus spesies baru, yang juga dikenal sebagai 2019-nCoV, dapat ditularkan dari manusia ke manusia .

saat ini virus corona mulai menyebar dengan cepat pada minggu terakhir bulan Januari, kita memperoleh berbagai pertanyaan seputar wabah, termasuk penyebaran dan apakah dapat disembuhkan terkena.

Do virus corona dan bagaimana menyebar?

spesialis dokter paru-paru dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Diah Tangan-nCoV menjelaskan bahwa 2019 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia.

Bedanya dengan virus lain, kata Diah, virus corona memiliki virulensi atau kemampuan yang tinggi untuk menyebabkan penyakit yang fatal.

Menurut Diah, virus berbahaya jika telah masuk dan fungsi paru-paru -paru kerusakan, atau dikenal sebagai pneumonia, infeksi atau peradangan akut pada jaringan paru-paru yang disebabkan oleh virus dan mikroorganisme lainnya, seperti bakteri , parasit, jamur, dan lain-lain.

“pertukaran oksigen tidak dapat terjadi sehingga orang menderita gagal napas. Itu sebabnya virus ini berat karena tidak lagi satu-satunya penyebab pilek atau flu tapi dia menyebabkan pneumonia,” Diah mengatakan saat dihubungi BBC Indonesia.

Diah untuk melanjutkan proses penyebaran virus melalui udara yang terhirup atau dihirup melalui hidung dan mulut sehingga masuk ke saluran pernapasan.

Virus ini masuk melalui saluran pernapasan bagian atas, kemudian ke tenggorokan dan paru-paru.

“Sebenarnya, tidak 100 persen. Tapi kalau dilihat dari beberapa ratus kasus yang diteliti, dan sifat virus, inkubasi adalah dua sampai 14 hari. Itulah mengapa kita waspada terhadap periode dua minggu, “kata Diah.

gejala korona virus: batuk, flu, demam hingga sesak nafas

Dokter yang tergabung dalam Asosiasi Dokter Paru Indonesia menjelaskan virus corona 2019-nCoV memiliki gejala yang sama infeksi virus pernapasan lainnya.

Diah mengatakan gejala ringan yang batuk flu. Lalu, apakah itu maju, akan menyebabkan demam dan radang infeksi tenggorokan.

Kemudian jika masuk ke saluran pernapasan, kata Diah akan menyebabkan bronkitis.

“berat The ketika infeksi lebih lanjut ke saluran pernapasan bagian bawah, itu Pneumonia lengkap. Selain itu, bisa disertai dengan infeksi virus gejala ke organ lain, yaitu diare,” katanya.

Dokter dalam Asosiasi Dokter Paru Indonesia itu menegaskan bahwa semua virus corona, termasuk virus corona 2019-nCoV belum ada obatnya.

Diah menambahkan, meskipun virus ini memiliki peningkatan risiko kematian, tetapi angka tersebut masih rendah dibandingkan orang terinfeksi dan kemudian pulih.

“Tapi itu bisa (disembuhkan), membuktikan bahwa rumah sakit sudah ribuan tapi siapa yang meninggal tepat sedikit. Jadi dia tetap virus yang dapat disembuhkan,” katanya.

Jadi, kata Diah, proses pengobatan yang dilakukan adalah mendukung terapi dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Bisa memperbaiki flu biasa jika masih ringan, jika demam diberikan anti-demam,” katanya.

Diah menegaskan, beberapa kematian umumnya tidak hanya disebabkan oleh 2019-nCoV, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kerentanan usia tua sehingga sistem kekebalan tubuh lemah dan juga penyakin lain yang sudah ada.

Diah menjelaskan prosedur pada pasien virus tak terduga corona adalah dengan menempatkan mereka dalam isolasi. Tujuannya, kata dia, sehingga penularan kepada orang lain dapat dicegah.

Jika tak terduga masih menunjukkan gejala awal, kata Diah, pasien akan menerima obat demam, batuk dan dingin, dengan dukungan dari diet sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus.

Jika, gejala hilang dan hasilnya telah negatif, kata Diah, pasien akan dibuang. Pemeriksaan bukti dikatakan Diah dapat dilakukan dengan cepat.

“Tapi jika pasien memiliki pneumonia dan demam tinggi biasanya kemudian diresapi karena butuh banyak cairan, dan diberikan obat lain tergantung pada pangkat,” kata Diah.

“Kemudian, jika Anda benar-benar sembuh, batuk dan semua gejala telah menghilang, kami memantau, kami terus dideportasi. Tidak perlu untuk khawatir (menular), karena itu berarti tubuh telah berhasil melawan virus sendiri. Jadi tidak menular lagi, “kata Diah.

Diah menjelaskan ada beberapa cara untuk mencegah tertular virus corona ini.

yang pertama adalah untuk menjalani gaya hidup sehat dengan memberikan asupan makanan sehat dan sempurna.

Kemudian, kata dia, istirahat yang cukup dan mendorong perokok untuk berhenti merokok.

“Berada di cuaca hari ini (hujan), kami tidak memiliki terlalu lama di kerumunan,” katanya.

Kemudian, kata Diah selalu mencuci tangan setelah area publik atau menyentuh alat public-alat karena berpotensi mengandung virus yang disentuh oleh orang korona yang terinfeksi.

Jangan lupa juga, kata Diah, menggunakan masker ketika di ruang publik.

“Dan untuk flu dan batuk, keep etiket batuk. Jadi ketika batuk ditutup dengan tisu. Kemudian tidak meludah, limbah dahak sembarangan, juga menghindari kerumunan dan cepat dokter. Itu tips kami. ” dia berkata.

Diah mengatakan Indonesia memiliki kemampuan pencegahan dan pengendalian kapasitas, untuk diagnosis dan terapi penanganan virus.

“Ada tiga rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Persahabatan, Sulianti Saroso dan RSPAD. Semua memiliki kemampuan bahkan ketika pasien memiliki kondisi pneumonia, ada alat. Jadi kapasitas pelayanan kesehatan kami siap ,” dia berkata.

Dia mengatakan fasilitas kesehatan telah cukup untuk terapi dukungan bagi korban infeksi virus corona.

“Dari pintu masuk penyaringan dengan thermo scanner, maka evakuasi jika diindikasikan dan isolasi. Jadi fasilitas kesehatan di Indonesia yang mampu,” katanya.

Beberapa warga di Jakarta dan Bali dihubungi oleh BBC mengungkapkan belum menerima sosialisasi yang memadai dan resmi dari Departemen Kesehatan (Depkes) pada langkah-langkah pencegahan dan pengobatan jika terinfeksi dengan virus corona.

Jakarta dan Bali adalah dua kota-kota besar dikunjungi oleh mayoritas warga China baik untuk wisata atau bisnis.

Seorang warga Jakarta bernama Fuad mengatakan mengetahui virus corona dari media massa. Dia menyatakan pemerintahnya belum pernah mendengar tentang penyebaran tindakan pencegahan dan pengobatan jika terinfeksi dengan virus corona.

“Jadi sementara, keluarga saya dan akan menghindari tempat-tempat umum dan keramaian seperti mal karena sampai kita ada info pasti tentang langkah-langkah pencegahan yang tidak terpengaruh dan jika sudah terkena,” kata Fuad saat dihubungi BBC Indonesia, Jumat (1,24).

Demikian pula, beberapa warga Bali sebagai Kadek dan Wayan Martadana mengungkapkan belum mendapatkan sosialisasi resmi pemerintah.

“ada (tidak ada informasi dari pemerintah), tidak Cari tahu lebih lanjut. Saya hanya tahu dari berita,” kata Kadek.

Namun, mereka tidak merasakan seperti yang dirasakan kekhwatiran Fuad.

Wayan menjelaskan situasi saat ini di Bali tetap berjalan normal, walaupun tidak ada penurunan penyewaan mobil yang dibuat oleh wisatawan Cina di Bali.

“Tidak Pak (sosialisasi), sama sekali tidak (khawatir),” kata Wayan.

Lima Proses Penyebaran Virus Corona dari Hewan ke Manusia, Bisa ...
Lima Proses Penyebaran Virus Corona dari Hewan ke Manusia, Bisa …

Cara Mencegah Penularan Virus Corona dan Cara Mengenali Gejala ...
Cara Mencegah Penularan Virus Corona dan Cara Mengenali Gejala …

Waspadai Penularan Pneumonia Wuhan, Pemkot Surabaya Lakukan ...
Waspadai Penularan Pneumonia Wuhan, Pemkot Surabaya Lakukan …

Penyebaran Virus Corona Makin Mengkhawatirkan - YouTube
Penyebaran Virus Corona Makin Mengkhawatirkan – YouTube

Informasaun - VIRUS CORONA mai husi akontese uluk China... | Facebook
Informasaun – VIRUS CORONA mai husi akontese uluk China… | Facebook

Cicing Wos: Awal Penyebaran Virus Wuhan di China - SINDOnews.com
Cicing Wos: Awal Penyebaran Virus Wuhan di China – SINDOnews.com

Chest radiograph from patient 2 with severe MERS-CoV pneumonia ...
Chest radiograph from patient 2 with severe MERS-CoV pneumonia …

Bovine Coronavirus Pneumonia - Alert Nation
Bovine Coronavirus Pneumonia – Alert Nation

Kenali Penyebaran Virus Korona, Penyebab Pneumonia Misterius di ...
Kenali Penyebaran Virus Korona, Penyebab Pneumonia Misterius di …

Sama-sama Gemparkan China, Apa Sih Bedanya Pneumonia dan Virus Corona?
Sama-sama Gemparkan China, Apa Sih Bedanya Pneumonia dan Virus Corona?

Kenali Penyebaran Virus Korona, Penyebab Pneumonia Misterius di ...
Kenali Penyebaran Virus Korona, Penyebab Pneumonia Misterius di …

Cara Penyebaran Virus Corona Yang Mengakibatkan Kematian - Kabar ...
Cara Penyebaran Virus Corona Yang Mengakibatkan Kematian – Kabar …

Wabah pneumonia Wuhan: Garis waktu bagaimana penyebaran virus ...
Wabah pneumonia Wuhan: Garis waktu bagaimana penyebaran virus …

Dinas Kesehatan Aceh | INFORMASI TERKINI TERKAIT KEWASPADAAN ...
Dinas Kesehatan Aceh | INFORMASI TERKINI TERKAIT KEWASPADAAN …

Virus Corona China Menyebar ke Thailand dan Jepang
Virus Corona China Menyebar ke Thailand dan Jepang

Gubernur Khofifah Tegaskan Jatim Aman Dari Indikasi Penyebaran ...
Gubernur Khofifah Tegaskan Jatim Aman Dari Indikasi Penyebaran …

Apa Itu Virus Corona nCoV yang Mematikan & Gegerkan Dunia?
Apa Itu Virus Corona nCoV yang Mematikan & Gegerkan Dunia?

Kepanikan Dugaan Penyebaran Virus Corona di Gedung BRI Jakarta ...
Kepanikan Dugaan Penyebaran Virus Corona di Gedung BRI Jakarta …

Tips Mencegah Penularan Virus Corona Saat Melakukan Perjalanan
Tips Mencegah Penularan Virus Corona Saat Melakukan Perjalanan

Bahaya Penularan Virus Pneumonia Asal China, Masyarakat Diimbau ...
Bahaya Penularan Virus Pneumonia Asal China, Masyarakat Diimbau …

Coronavirus Zoonotic | corona virus outbreak
Coronavirus Zoonotic | corona virus outbreak

Indonesia Waspadai Penyebaran Virus Pneumonia yang Mewabah di ...
Indonesia Waspadai Penyebaran Virus Pneumonia yang Mewabah di …

Pemprov Bali Keluarkan Surat Edaran Terkait Antisipasi Penyebaran ...
Pemprov Bali Keluarkan Surat Edaran Terkait Antisipasi Penyebaran …

Surabaya Antisipasi Penyebaran Virus Pneumonia China | Republika ...
Surabaya Antisipasi Penyebaran Virus Pneumonia China | Republika …

Warga Korea Terjangkit Pneumonia, Penyebaran Virus Dikhawatirkan ...
Warga Korea Terjangkit Pneumonia, Penyebaran Virus Dikhawatirkan …

Virus Corona Wuhan, Berasal dari Ular dan Telah Menyebar ke 5 ...
Virus Corona Wuhan, Berasal dari Ular dan Telah Menyebar ke 5 …

5 Cara Cegah Penyebaran Virus Corona atau Pneumonia Wuhan ala ...
5 Cara Cegah Penyebaran Virus Corona atau Pneumonia Wuhan ala …

Waspada Penyebaran Virus Corona China - News Liputan6.com
Waspada Penyebaran Virus Corona China – News Liputan6.com

Cegah Penyebaran Virus Corona, Seluruh PT dan Sekolah di NTB ...
Cegah Penyebaran Virus Corona, Seluruh PT dan Sekolah di NTB …

Indonesia
Indonesia’s Manpower Minister issues advisory on preventing the …

Bagaimana Virus Corona Bisa Menyebar dan Sebabkan Pneumonia di ...
Bagaimana Virus Corona Bisa Menyebar dan Sebabkan Pneumonia di …

WHO: Virus Corona Bukan Ancaman Kesehatan Dunia - Health Liputan6.com
WHO: Virus Corona Bukan Ancaman Kesehatan Dunia – Health Liputan6.com

Virus Corona, 5 Langkah Pencegahan Penyebaran dari Kemenkes ...
Virus Corona, 5 Langkah Pencegahan Penyebaran dari Kemenkes …

On top - Posts | Facebook
On top – Posts | Facebook

Peta Online Ini Bisa Pantau Penyebaran Virus Corona - Beritaradar.com
Peta Online Ini Bisa Pantau Penyebaran Virus Corona – Beritaradar.com

Dodi Reza Perketat Pengawasan Kesehatan TKA di Muba – Linggau Pos ...
Dodi Reza Perketat Pengawasan Kesehatan TKA di Muba – Linggau Pos …

Fakta-fakta Penting Seputar Virus Corona China
Fakta-fakta Penting Seputar Virus Corona China

APAKAH PENYEBARAN VIRUS CORONA DI WUHAN CHINA KARENA KEBOCORAN ...
APAKAH PENYEBARAN VIRUS CORONA DI WUHAN CHINA KARENA KEBOCORAN …

Tangkal Virus Corona di Pelabuhan, Kemenhub Keluarkan Surat Edaran
Tangkal Virus Corona di Pelabuhan, Kemenhub Keluarkan Surat Edaran

Balai Karantina Kesehatan Pelabuhan Jateng Waspadai Penularan ...
Balai Karantina Kesehatan Pelabuhan Jateng Waspadai Penularan …

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia ...
Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia …

Situs untuk Pantau Penyebaran Virus Corona | Urbanasia.com
Situs untuk Pantau Penyebaran Virus Corona | Urbanasia.com

Lion Air Group Lakukan Antisipasi Penyebaran Virus Pneumonia ...
Lion Air Group Lakukan Antisipasi Penyebaran Virus Pneumonia …

Mengenal pneumonia Wuhan, wabah penyakit baru dari Cina
Mengenal pneumonia Wuhan, wabah penyakit baru dari Cina

Heboh Infeksi Paru-paru Menular, Ini Imbauan dari KJRI Hongkong
Heboh Infeksi Paru-paru Menular, Ini Imbauan dari KJRI Hongkong

Wabah Pneumonia Misterius di China, Kenali 5 Jenis Pneumonia Ini ...
Wabah Pneumonia Misterius di China, Kenali 5 Jenis Pneumonia Ini …

Virus Corona Menyebar ke Lima Negara, Termasuk AS - Berita ...
Virus Corona Menyebar ke Lima Negara, Termasuk AS – Berita …

Ini Dia Virus-Virus Penyebab Pneumonia
Ini Dia Virus-Virus Penyebab Pneumonia

Bali siapkan stok obat antiviral antisipasi penyebaran virus ...
Bali siapkan stok obat antiviral antisipasi penyebaran virus …

Yuk Tetap Jaga kesehatan & Simak Tip Mencegah Penyebaran virus ...
Yuk Tetap Jaga kesehatan & Simak Tip Mencegah Penyebaran virus …

WNI di Hong Kong Diimbau Waspadai Wabah Pneumonia Misterius
WNI di Hong Kong Diimbau Waspadai Wabah Pneumonia Misterius

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemkot Depok Liburkan Sekolah - Pos ...
Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemkot Depok Liburkan Sekolah – Pos …

Mencegah Penyebaran Virus Corona, Jangan Lupa Gunakan Masker ...
Mencegah Penyebaran Virus Corona, Jangan Lupa Gunakan Masker …

Pandemi Coronavirus Pneumonia: Apa yang Perlu Diketahui?
Pandemi Coronavirus Pneumonia: Apa yang Perlu Diketahui?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *