seberapa besar dampak penyebaran virus bagi manusia

  • 8 min read
  • Feb 20, 2020

VIRUS CORONA ANCAM BUNUH EKONOMI GLOBAL - SKH Media Sulut
VIRUS CORONA ANCAM BUNUH EKONOMI GLOBAL – SKH Media Sulut

Share artikel ini dengan

Email

Facebook

Messenger

Messenger

Twitter

LinkedIn

WhatsApp

Jalur

kopi link ini

link eksternal dan akan membuka layar baru

Sejak wabah di Cina pada bulan Desember sampai sekarang, virus corona telah menginfeksi lebih dari 110.000 orang dengan pasien meninggal mencapai lebih dari 3.600 orang di lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

Selain tindakan untuk mencegah dan penyakit memperlakukan Covid-19, dampak sosial yang disebabkan oleh virus-2 SARS-CoV juga signifikan di Asia.

Wanita yang terpengaruh secara tidak proporsional.

“Krisis selalu memperburuk ketidaksetaraan gender,” kata Maria Holtsberg, daerah berisiko penasihat dari kemanusiaan dan bencana di Women Asia PBB dan Pasifik.

Berikut adalah lima akibat yang ditimbulkan oleh wabah Covid-19 dalam kehidupan sosial perempuan di Asia.

1. Sekolah penutupan

“Saya sudah rumah selama lebih dari tiga minggu sekarang, dengan anak-anak,” kata wartawan dan ibu dari dua anak, Sung So-young.

Sung tinggal di Korea Selatan, yang baru-baru ini mengumumkan untuk menunda masuknya tahun ajaran baru sampai dua minggu. Dengan demikian, anak-anak sekolah ditutup hingga 23 Maret.

Pada 4 Maret, sekitar 253 juta anak-anak sekolah di Korea Selatan, China, dan Jepang dari sekolah pra-sekolah dasar ke sekolah tinggi tidak bersekolah, menurut angka terbaru dari UNESCO.

langkah itu sulit bagi perempuan di Asia, seperti yang berpengalaman Sung, seperti di banyak negara Asia timur dari ibu menanggung beban yang tidak proporsional di rumah, dan dia bilang dia merasa “tertekan”.

“Sejujurnya, saya ingin pergi ke kantor karena saya tidak bisa benar-benar fokus pada rumah,” kata Sung. “Tapi suami saya adalah pencari nafkah dan dia tidak bisa mengambil cuti.”

Sung dengan putrinya berusia 11 tahun dan putra berusia lima tahun menghabiskan bermain hari dan menonton film. Dia mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya ketika keduanya tertidur.

Situasi Sung adalah refleksi atas catatan buruk Korea Selatan tentang kesetaraan gender di tempat kerja. Pada tahun 2020, yang menempatkan Forum Ekonomi Dunia Korea Selatan dinilai 127 dari 155 negara pada partisipasi perempuan dalam perekonomian.

Bahkan, Sung telah mendengar anekdot bahwa beberapa perusahaan dengan upah dipotong dari karyawan perempuan yang tidak bisa masuk kerja karena harus merawat anak-anak sebagai akibat dari penutupan sekolah.

“Banyak perusahaan tidak mengatakan ini, tapi mereka masih melihat seorang ibu yang bekerja sebagai beban, dan kurang kompetitif. Pula, jika Anda tidak memiliki anak, Anda bisa datang ke kantor lebih sering,” dia berkata.

pemerintah Jepang mengumumkan bahwa minggu ini akan memberikan insentif bagi perusahaan hingga US $ 80 per orang per hari jika karyawan mengambil cuti untuk merawat anak-anak yang libur karena penutupan sekolah.

pusat-pusat perawatan anak dan klub setelah-sekolah diizinkan untuk beroperasi untuk membantu orang tua, namun langkah itu tetap menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas penutupan.

“Menutup sekolah tidak membantu berhenti sepenuhnya penyebaran virus. Ini hanya menambah beban ibu yang bekerja,” kata Natsuko Fujimaki Takeuchi, seorang pemilik usaha kecil.

“Ini sangat menantang untuk bisnis saya saya tidak mendapatkan dukungan yang sama dengan perusahaan besar mendapatkan di tengah gangguan ekonomi.”

2. Kekerasan dalam rumah tangga

Ketika jutaan orang di Cina menghabiskan waktu di rumah atau ruangan untuk melindungi diri dari virus corona, di sisi lain, aktivis hak asasi manusia mengatakan ada juga peningkatan kekerasan dalam rumah tangga.

Guo Jing, aktivis perempuan yang baru saja pindah ke Wuhan – asal virus Corona- pada bulan November 2019 mengatakan ia secara pribadi telah menerima laporan dari orang-orang muda yang tinggal di kota dikarantina yang menyaksikan kekerasan dalam rumah tangga antara mereka orangtua.

Jing mengatakan penelepon tidak tahu di mana untuk mencari bantuan.

Kemudian, Xiao Li, seorang aktivis Cina yang tinggal di wilayah perbatasan antara Henan dan Provinsi Hubei, mengatakan kepada BBC tentang kekhawatiran setelah meminta relatif untuk bantuan setelah diserang oleh mantan suaminya.

“Pada awalnya, kami merasa tidak mungkin untuk mendapatkan izin baginya untuk meninggalkan desa, “kata Li.

” Setelah menerima banyak persuasi, polisi akhirnya memberikan izin untuk meninggalkan dan pergi ke saudara untuk bertemu dan melihat dia dan anak-anak. “

Ketika laporan dari bermuncul kekerasan dalam rumah tangga di media sosial, beberapa wanita membuat poster untuk mengingatkan semua orang untuk membantu mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga, dan bukan hanya menjadi penonton pasif.

#AntiDomesticViolenceDuringEpidemic pound tanda # 疫 期 反 家暴 # telah dibahas lebih dari 3.000 kali dalam platform media sosial Cina Sina Weibo.

pekan lalu, direktur Weiping, lembaga sipil yang melindungi hak-hak perempuan, Feng Yuan mengatakan organisasinya telah menerima laporan dari tiga kali lebih banyak dari sebelum karantina.

“polisi seharusnya tidak menggunakan alasan untuk tidak mengambil serius epidemi kekerasan dalam rumah tangga,” katanya.

PBB perempuan juga timah priha tentang kemungkinan transfer layanan untuk perempuan menjadi fokus untuk Epidemi corona.

“Pergeseran sumber dari layanan penting yang mengandalkan perempuan, seperti pemeriksaan kesehatan rutin atau layanan gender kekerasan berbasis, adalah sesuatu yang sangat kami perhatikan “Holtsber g mengatakan

3. Perempuan pekerja. Petugas kesehatan di garis depan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 70 persen pekerja di bidang kesehatan dan sektor sosial berasal dari perempuan.

Media China telah mempromosikan cerita tentang perjuangan perempuan yang bekerja di garis depan, seperti perawat. Namun, bagaimana sebenarnya kisah nyata yang dialami tenaga medis wanita itu?

Sebuah video yang menunjukkan para pekerja kesehatan perempuan dari Provinsi Gansu mencukur kepalanya sebelum ditugaskan untuk membantu korona virus pasien, memicu kekhawatiran di media sosial bulan ini.

Lalu, ada juga cerita tentang seorang pekerja medis yang hamil sembilan bulan keguguran tapi masih kembali bekerja, yang memicu reaksi sejak menjadi acara propaganda dan membangun preseden yang berbahaya.

Bulan lalu, BBC mewawancarai seorang perawat yang mengungkapkan bahwa staf rumah sakit tidak diizinkan untuk makan, untuk beristirahat, untuk menggunakan toilet selama waktu bekerja selama 10 jam.

Ketika aturan yang berlaku untuk semua staf rumah sakit, para wanita juga harus menanggung lapisan perlakuan diskriminatif, kata Jiang Jinjing.

Aksesoris adalah tokoh kunci di balik kampanye Coronavirus Suster Support, yang mencoba untuk menyediakan produk perawatan pribadi untuk wanita yang bekerja di garis depan di Provinsi Hubei, pusat wabah. Ia mengatakan kebutuhan perempuan saat menstruasi diabaikan.

Pada halaman Weibo, Jinjing mengatakan: “Pada tanggal 28 Februari, ada 481 377 celana, 303 939 celana sekali pakai dan 86.400 bantalan telah disumbangkan.”

Jiang Jinjing mengatakan tidak banyak orang berpikir untuk menyediakan produk menstruasi yang tepat untuk puluhan ribu pekerja perempuan medis.

Setelah relawan kampanye dielu-elukan oleh banyak orang di media sosial China Yayasan Pengembangan perempuan yang dikelola oleh pemerintah China mengatakan akan mengirim produk menstruasi untuk tenaga medis perempuan.

4. PRT Migran

Diperkirakan ada 400 ribu wanita yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Hong Kong, sebagian besar dari mereka berasal dari Filipina dan Indonesia.

Beban yang mereka hadapi lebih berat sebagai akibat dari wabah virus corona. Tidak hanya terkait dengan ketidakpastian dan perlindungan pekerjaan, sekarang mereka juga memiliki kesulitan mendapatkan peralatan medis seperti masker wajah dan pembersih tangan.

“Topeng membeli panik telah melambungkan harga begitu tidak lagi terjangkau bagi pekerja migran,” kata Cynthia Abdon-Tellez, General Manager gerakan Misi amal untuk para pekerja migran di Hong Kong.

“Tidak semua pekerja migran mendapatkan masker dari majikan mereka, kita harus membelinya biaya kita sendiri dan itu sangat mahal. Beberapa mendapatkan topeng dari majikan mereka, dan satu untuk digunakan selama seminggu , “seorang pekerja migran Indonesia di Hong Kong, Eka Septi Susanti mengatakan kepada BBC Indonesia.

Abdon-Tellez melanjutkan, organisasinya telah mulai masker mengumpulkan untuk dibagikan kepada pekerja migran, yang tidak disedikemauan oleh majikan.

“Konsulat Indonesia mendistribusikan masker gratis tapi itu tidak cukup -. Butuh satu jam (mengantri) untuk mendapatkan tiga masker Kita perlu setidaknya enam masker selama seminggu,” kata Sringatin, Ketua Asosiasi Buruh Migran di Hong Kong.

Daya tarik pemerintah Hong Kong memicu kecemasan migran pekerja rumah tangga di sana karena pemerintah mendesak mereka untuk tetap berada di rumah pada hari libur. Tujuannya agar kesehatan para pekerja terjaga dan mengurangi risiko kontaminasi.

banding tersebut mengurangi waktu yang berharga yang dimiliki oleh wanita yang tinggal jauh dari keluarga dan orang yang dicintai, dan menempatkan mereka dalam keadaan rentan terhadap eksploitasi.

“buruh migran yang tinggal di rumah-rumah pribadi selama liburan dan tidak diizinkan untuk keluar, mereka terus bekerja,” kata Sringatin.

“Mereka masih memasak untuk pengusaha, merawat anak-anak atau merawat majikan tua, tanpa kompensasi. Mereka yang bersikeras mengambil hari libur diancam dengan pemecatan.”

Akibatnya, tidak hanya mempengaruhi pekerja perempuan, tetapi juga jutaan orang di Filipina dan Indonesia yang mengandalkan gaji disetorkan oleh pekerja migran.

jumlah uang pribadi yang dikirim oleh warga Filipina bekerja di luar negeri mencapai rekor tinggi sekitar US $ 33,5 miliar tahun 2019.

ekonom senior ING Bank Manila Nicholas Mapa mengatakan pengiriman uang dari para pekerja Filipina di luar negeri menyumbang sekitar 9% dari produk domestik bruto. Dengan demikian, dampak dari virus kemungkinan akan dirasakan dalam perekonomian Filipina.

“Ketika konsumen tinggal di dalam rumah, akan membatasi permintaan untuk berbagai industri jasa di mana Filipina umumnya digunakan. Itu menyakitkan peluang mereka untuk mengirim uang ke rumah. Pembatasan perjalanan dan mobilitas juga terpengaruh, mengancam gaji dan bahkan kepastian pekerjaan mereka, “katanya kepada BBC.

dampak ekonomi 5. Term

Para ekonom dan pemerintah sekarang membahas tentang prediksi bahwa ekonomi global dapat tumbuh pada tingkat paling lambat sejak 2009 karena pecahnya korona.

“Secara keseluruhan, korona virus memiliki besar dampak di sektor perjalanan, produksi dan konsumsi, yang berdampak pada banyak sektor dan juga untuk kelompok perempuan dan laki-laki,” kata Christina Maags, profesor SOAS university of London.

“Namun, wanita berpenghasilan rendah akan terpengaruh dengan memperlambat laju konsumsi karena mereka cenderung untuk dipekerjakan di industri perhotelan, ritel atau layanan lain.”

di Cina, “karena banyak perempuan migran tidak memiliki kontrak kerja, virus corona menyebabkan mereka tidak menerima penghasilan apapun – karena mereka dibayar jika mereka bekerja,” katanya.

” Dengan tidak adanya jaminan sosial, mereka menghadapi dilema antara kembali ke pekerjaan dan berpotensi sakit atau perlu membayar untuk bentuk lain dari A know akomodasi., Mereka mungkin terpaksa tinggal di rumah dan hidup off tabungan kecil mereka. kondisi ini menempatkan mereka dalam situasi yang sangat sulit”.

Dan beberapa pabrik garmen di Asia Tenggara, yang mengandalkan bahan baku dari China, terpaksa ditutup.

Menurut pemerintah Myanmar, lebih dari 10 pabrik telah ditutup sejak Januari, meskipun kementerian tenaga kerja mengatakan bahwa tidak semua disebabkan oleh virus corona.

Ma Chit Su mengatakan kepada BBC di Myanmar bahwa “keluarga sangat tergantung pada gaji pabrik garmen pekerjaan yang sekarang ditutup.”

“Saya tidak peduli tentang kompensasi, saya hanya ingin kembali pekerjaan saya di pabrik,” katanya.

Menurut perspektif perempuan PBB, perempuan yang akan merasakan dampak terbesar akibat korona virus, termasuk penerima upah harian, pemilik usaha kecil dan mereka yang bekerja di sektor informal.

“perbedaan kebutuhan perempuan dan laki-laki dalam medium pemulihan dan jangka panjang juga harus dipertimbangkan,” kata Mohammad Naciri, Direktur Regional UN Women Sebuah saluran dan Pasifik.

“Perempuan memainkan peran yang sangat diperlukan dalam memerangi wabah -. Sebagai pekerja perawatan kesehatan, sebagai ilmuwan dan peneliti, sebagai penggerak sosial, sebagai pembangun dan penghubung perdamaian di masyarakat, dan sebagai pengasuh”

“Hal ini penting untuk memastikan bahwa suara perempuan didengar dan diakui.”

Virus Corona: Penyebab, Cara Pencegahan dan Dampak Pada Ekonomi ...
Virus Corona: Penyebab, Cara Pencegahan dan Dampak Pada Ekonomi …

Virus corona: Bagaimana Covid-19 pengaruhi kehidupan sosial ...
Virus corona: Bagaimana Covid-19 pengaruhi kehidupan sosial …

Ketakutan menyebar luas dan cepat: dampak ekonomi dari coronavirus ...
Ketakutan menyebar luas dan cepat: dampak ekonomi dari coronavirus …

CARA BANK PELAT MERAH CEGAH VIRUS CORONA - Berita Harian BUMN
CARA BANK PELAT MERAH CEGAH VIRUS CORONA – Berita Harian BUMN

HEADLINE: Wabah Virus Corona Wuhan China, Seberapa Besar ...
HEADLINE: Wabah Virus Corona Wuhan China, Seberapa Besar …

Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat ...
Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat …

Sikap Muslim Terhadap Virus Corona - Haji Furoda
Sikap Muslim Terhadap Virus Corona – Haji Furoda

Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat ...
Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat …

Apa Itu Virus Corona nCoV yang Mematikan & Gegerkan Dunia?
Apa Itu Virus Corona nCoV yang Mematikan & Gegerkan Dunia?

Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat ...
Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat …

DAMPAK PEMANASAN GLOBAL BAGI KEHIDUPAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN
DAMPAK PEMANASAN GLOBAL BAGI KEHIDUPAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Ketakutan menyebar luas dan cepat: dampak ekonomi dari coronavirus ...
Ketakutan menyebar luas dan cepat: dampak ekonomi dari coronavirus …

Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat ...
Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat …

Gejala Virus Corona dan Daftar Info Penting yang Perlu Diketahui ...
Gejala Virus Corona dan Daftar Info Penting yang Perlu Diketahui …

Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat ...
Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat …

10 Bahaya & Dampak yang Ditimbulkan oleh HIV/AIDS
10 Bahaya & Dampak yang Ditimbulkan oleh HIV/AIDS

Awas! Efek Virus Corona di Pasar Bisa Lebih Besar Dari SARS
Awas! Efek Virus Corona di Pasar Bisa Lebih Besar Dari SARS

Korban Terus Bertambah, Bagaimana Efek Virus Corona pada Tubuh?
Korban Terus Bertambah, Bagaimana Efek Virus Corona pada Tubuh?

Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat ...
Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat …

Dampak Virus Corona Masih Kecil Untuk Sektor Properti | Pasar ...
Dampak Virus Corona Masih Kecil Untuk Sektor Properti | Pasar …

Wabah virus corona belum terkendali, kini China laporkan kasus flu ...
Wabah virus corona belum terkendali, kini China laporkan kasus flu …

Virus Corona: Penyebab, Cara Pencegahan dan Dampak Pada Ekonomi ...
Virus Corona: Penyebab, Cara Pencegahan dan Dampak Pada Ekonomi …

Tanya Jawab Novel Coronavirus (2019-nCoV) - FAQ Update 4 Februari ...
Tanya Jawab Novel Coronavirus (2019-nCoV) – FAQ Update 4 Februari …

Sejauh Mana Virus Corona Bisa Memukul Ekonomi Dunia? - Tirto.ID
Sejauh Mana Virus Corona Bisa Memukul Ekonomi Dunia? – Tirto.ID

Dampak Virus Corona, Perekonomian Indonesia Bisa Terguncang ...
Dampak Virus Corona, Perekonomian Indonesia Bisa Terguncang …

Live Report Dunia Darurat Wabah Virus Corona, Fakta Vs Hoaks - Cek ...
Live Report Dunia Darurat Wabah Virus Corona, Fakta Vs Hoaks – Cek …

Ini Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi
Ini Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi

Beginilah Dampak Virus Corona pada Pariwisata Bali – BaleBengong
Beginilah Dampak Virus Corona pada Pariwisata Bali – BaleBengong

Saat Infeksi Virus Corona di Korea Selatan Terus Melonjak Tajam...
Saat Infeksi Virus Corona di Korea Selatan Terus Melonjak Tajam…

HEADLINE: Wabah Virus Corona Wuhan China, Seberapa Besar ...
HEADLINE: Wabah Virus Corona Wuhan China, Seberapa Besar …

ILO Sebut Jutaan Orang Kehilangan Pekerjaan karena Covid-19 ...
ILO Sebut Jutaan Orang Kehilangan Pekerjaan karena Covid-19 …

Coronavirus: Definisi, Penyebaran, Hingga Pencegahan : Gejala ...
Coronavirus: Definisi, Penyebaran, Hingga Pencegahan : Gejala …

Virus Corona: Penyebab, Cara Pencegahan dan Dampak Pada Ekonomi ...
Virus Corona: Penyebab, Cara Pencegahan dan Dampak Pada Ekonomi …

Corona Dibongkar Peneliti Virus, Lebih Bahaya TBC yang Perlu ...
Corona Dibongkar Peneliti Virus, Lebih Bahaya TBC yang Perlu …

Langkah Pemerintah Indonesia Cegah Penyebaran Virus Corona Sudah Tepat
Langkah Pemerintah Indonesia Cegah Penyebaran Virus Corona Sudah Tepat

Virus Corona Bikin Jumlah Penerbangan Turun hingga 30 Persen ...
Virus Corona Bikin Jumlah Penerbangan Turun hingga 30 Persen …

Apa Saja Dampak Penerapan Lockdown?
Apa Saja Dampak Penerapan Lockdown?

Ngeri Banget! Virus Corona Bisa Goyang Ekonomi RI
Ngeri Banget! Virus Corona Bisa Goyang Ekonomi RI

Virus Corona Dinilai Bisa Bikin Krisis Ekonomi Dunia | merdeka.com
Virus Corona Dinilai Bisa Bikin Krisis Ekonomi Dunia | merdeka.com

Jumlah Korban Virus Corona Terbaru & Negara Terkena Wabah Covid-19 ...
Jumlah Korban Virus Corona Terbaru & Negara Terkena Wabah Covid-19 …

Influenza - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Influenza – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dibanding 9 Wabah Mematikan Lain, Ini Kadar Bahaya Virus Corona
Dibanding 9 Wabah Mematikan Lain, Ini Kadar Bahaya Virus Corona

Cara Penularan HIV AIDS yang Wajib Kamu Tahu, Agar Tidak Keliru ...
Cara Penularan HIV AIDS yang Wajib Kamu Tahu, Agar Tidak Keliru …

Bahaya, Virus Corona di Wuhan Bisa Menyebar melalui Kontak Mata
Bahaya, Virus Corona di Wuhan Bisa Menyebar melalui Kontak Mata

Ketakutan menyebar luas dan cepat: dampak ekonomi dari coronavirus ...
Ketakutan menyebar luas dan cepat: dampak ekonomi dari coronavirus …

Indef: Kerugian Lockdown Akibat Virus Corona Besar | Tagar
Indef: Kerugian Lockdown Akibat Virus Corona Besar | Tagar

Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat ...
Virus corona di Indonesia: Pemerintah perpanjang masa darurat …

Dampak Pemerintah Menunda-nunda Informasi soal Sebaran Virus ...
Dampak Pemerintah Menunda-nunda Informasi soal Sebaran Virus …

Dampak Virus Corona, Perekonomian Indonesia Bisa Terguncang?
Dampak Virus Corona, Perekonomian Indonesia Bisa Terguncang?

Hati-hati, Wabah Virus Corona Ancam Devisa Pariwisata RI
Hati-hati, Wabah Virus Corona Ancam Devisa Pariwisata RI

Investor
Investor ‘Bertaruh’ Virus Corona Hanya Berefek Jangka Pendek

Perekonomian Amerika Dihantui Penyebaran Virus Korona : Okezone ...
Perekonomian Amerika Dihantui Penyebaran Virus Korona : Okezone …

Umum | BPR WM
Umum | BPR WM

Virus corona: Siapa
Virus corona: Siapa ‘sang penyebar super’ dan mengapa mereka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *